Ekstrakurikuler

Pendidikan di sekolah bukanlah semata-mata persoalan menjejali peserta didik dengan berbagai mata pelajaran teoritis di ruang-ruang kelas. Lebih dari itu, tujuan pendidikan adalah memfasilitasi minat dan potensi peserta didik ke arah yang lebih positif. Muara dari pengembangan potensi-potensi tersebut adalah terwujudnya manusia yang berkepribadian, berkarakter, dewasa, mandiri, berakhlak mulia, patriotik, berwawasan lingkungan, dan berguna bagi bangsa, negara, maupun agama.

Salah satu kegiatan sekolah yang dapat membantu menumbuhkembangkan potensi peserta didik adalah ekstrakurikuler. Melalui ekstrakurikuler inilah para peserta didik diharapkan dapat berekspresi dan berkreasi sesuai dengan minat masing-masing. Dalam konteks ini, mungkin tidak ada salahnya kita mengatakan bahwa keberadaan ekstrakurikuler bisa dijadikan barometer kualitas sebuah lembaga pendidikan.

Ekstrakurikuler yang diselenggarakan di SMA dan SMK Almarwah cukup beragam, mencakup kegiatan-kegiatan seni, keagamaan (Islam), dan olahraga. Berikut adalah daftar ekstrakurikuler dimaksud.

  1. Alquds (Rohani Islam)

    Menjadi pelajar yang cerdas secara intelektual belumlah cukup. Ekskul ini diselenggarakan sebagai media pendidikan agama (baca: Islam) secara lebih intensif sehingga diharapkan setiap siswa pun memiliki kecerdasan spiritual.

    Pembina: Drs. Ahmad Sopwan.

  2. Band

    Bagi para siswa yang hobi ngeband, ekskul ini merupakan pilihan tepat. Satu set alat band akan menjadi teman setia para siswa dalam mengelaborasi aliran-aliran musik secara kolektif.

    Pembina: Rofiul Umam Majid

  3. Nampon (Silat Kiwari)

    Pembina: Acep Luthfi Hanip, S. Pd.

  4. Keputrian

    Pembina: Respita Haniva, S.E.

  5. Marching Band

    Pembina: Sulhan Mukhlisin, S. Pd.

  6. Futsal

    Seperti halnya sepakbola, futsal merupakan olahraga yang digemari dan populer di kalangan pelajar. Para siswa yang hobi dengan olahraga ini dapat.

    Pembina: Zamzam Hamdani.

  7. Basket

    Pembina: Ade Kurnia Mauludin, S.E.

  8. Bola Voli

    Pembina: Bayu

  9. English Club

    Saat ini, penguasaan bahasa Inggris menjadi kebutuhan. Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris menyertai hampir setiap perkembangan teknologi. Sebagai contoh, dalam kaitannya dengan pemrograman komputer (seperti: PHP, Java, dan Pascal), kosakata-kosakata bahasa Inggris sangat mendominasi. Ini berarti, dengan penguasaan bahasa Inggris kita memiliki akses yang lebih besar terhadap sumber-sumber ilmu pengetahuan dan teknologi. Atas pertimbangan inilah ekstrakurikuler english Club ini diselenggarakan di SMA dan SMK Almarwah.

    Pembina: Jamaludin Suryana dan Insan Nurussalam, S. Pd.

  10. Pers Sekolah

    Pembina: Ismail Kusmayadi, S. Pd.

  11. Paskibra

    Seperti namanya, ekskul paskibra ini diselenggarakan bagi para pengibar Sang Saka Merah Putih, baik untuk upacara setiap Senin maupun untuk upacara-upacara memperingati hari-hari besar nasional seperti HUT RI.

    Pembina: Acep Luthfi Hanip, S. Pd.

  12. Pramuka

    Pembina: Mirda Mustari

  13. Psikologi

    Dunia remaja memang penuh pancaroba yang kerap membawa pada berbagai penyimpangan dalam berperilaku. Ekskul ini hadir sebagai tempat berbagi curhatan-curhatan dalam suasana yang mengasyikkan.

    Pembina: Taufik Ginanjar

  14. Pecinta Alam

    Ekskul ini diselenggarakan bagi peserta didik yang hobi menikmati keindahan alam, calon aktifis lingkungan.

    Pembina: Mirda Mustari

  15. Angklung

    Sebagai alat musik tradisional asal Jawa Barat, angklung memang memiliki suara unik yang penuh nuansa alam. Umumnya, alat musik ini dimainkan oleh beberapa orang secara bersamaan untuk menghasilkan nada-nada harmonis yang lebih variatif. Memainkan alat musik dari bahan bambu ini tidaklah terlalu sulit. Di SMA dan SMK Almarwah, para siswa yang memiliki minat akan alat-alat musik tradisional, dapat mengikuti ekstrakurikuler ini ditemani seorang guru yang humoris dan low profile.

    Pembina: Wawan Setiawan, S. Pd.

Kami berharap, di hari-hari yang akan datang, akan ada banyak ekstrakurikuler lain yang diselenggarakan di SMA dan SMK Almarwah sehingga dapat lebih mengakomodasi berbagai talenta peserta didik yang beraragam.