Internet

Fasilitas hotspot internet di SMA dan SMK AlmarwahDibandingkan dengan sumber-sumber informasi lainnya, seperti media elektronik dan cetak, internet memiliki keunggulan dalam segi kemudah-aksesannya. Perangkat-perangkat digital seperti handphone, smartphone, dan laptop saat ini dengan mudah dapat digunakan untuk mengakses jaringan global ini seiring dengan penerapan teknologi-teknologi informasi terbaru masing-masing produsen pada device-device tersebut.

Perkembangan teknologi di berbagai bidang kehidupan memang dimaksudkan untuk mencipatakan kemudahan, efisiensi, dan produktifitas kehidupan itu sendiri. Namun, tidak jarang perkembangan-perkembangan tersebut melahirkan dampak-dampak sampingan yang negatif, tak terkecuali internet. Teknologi informasi yang pada awalnya digunakan untuk keperluan militer dalam menghindari terpusatnya informasi saat meletusnya perang ini lahir membawa berbagai dampak negatif.

Siswa siswi SMK Almarwah sedang mengakses internet di laboratorium komputerAdanya dampak-dampak negatif ini tentu tidak harus mengurangi nilai kebermanfaatan internet sebagai sumber informasi. Saat ini, berbagai kalangan baik pemerintah, militer, pengusaha, lembaga pendidikan, lembaga swadaya masyarakat, partai, organisasi masyarakat, bahkan pribadi telah secara masif menggunakan teknologi internet terutama karena melihat kebermanfaatannya. Dengan kata lain, manfaat yang diberikan internet jauh lebih besar dari dampak negatif yang ditimbulkannya.

Atas dasar ini pula, pengadaan fasilitas jaringan internet di SMA dan SMK Almarwah diharapkan akan dapat menunjang kegiatan pendidikan dan pembelajaran di dua lembaga yang bernaung di bawah Yayasan Almarwah tersebut. Untuk meminimalkan dampak negatif internet, guru-guru SMA dan SMK Almarwah selalu berusaha mengawasi, membimbing, dan mengarahkan para peserta didik dalam menggunakan internet secara sehat; menggunakan internet untuk tujuan penggalian informasi, pengayaan materi, dan peluasan wawasan terutama yang berhubungan dengan mata-mata pelajaran sekolah.