2 Juta Untuk Sekolah

8 November 2012, Aku duduk di sebuah bangku kantin sambil membuka internet melihat-lihat perkembangan informasi yang berharga yang akan disampaikan kepada siswa. Tiba-tiba aku dihampiri seorang siswa putri yang mungil sampil membawa sebuah amplop yang cukup tebal. Akupun menyambutnya dengan senyum sebab yang datang ternyata seorang siswa yang telah mengharumkan nama baik sekolah, dialah Seni Purnama, siswa kelas XII IPA  yang telah menjadi pemenang ke-2 dalam lomba menulis novel, yang diselenggarakan Pusat Perbukuan Nasional.

Aku mempersilahkan dia untuk duduk di hadapanku. Dengan menyembunyikan kebahagian atas prestasi yang diraiihnya dia menceritakan aktivitas yang dijalaninya di Hotel Arta Graha. Pada akhir pembiacarannya dia menyerahkan amplop besar untuk sekolah. Aku pun bertanya, memang berapa hadiah yang dia terima dan berapa isi amplop itu. Aku kaget ternyata dia akan membagi kebahagiannya dengan sekolah dengan menyisihkan 2 juta rupiah untuk sekolah.

Aku terharu dengan perhatian dan sikapnya terhadap sekolah, namun sejak aku menjadi kepala sekolah dan selamanya punya komitmen bahwa sekolah tidak akan menerima apa pun dari hadiah yang semestinya diterima siswa yang berhak menerimanya dari sebuah lomba. Akupun menyarankan bahwa membagi kebahagian sebaiknya dengan teman sekelas atau teman satu ekstrakurikuler. Atau, dengan membeli sebuah laptop beserta printer.  Namun dia sendiri punya keinginan untuk membagi kebahagiaan dengan seluruh siswa SMA PUQ, yakni dengan menyisihkan hadiah buat membeli enam buah bolu untuk dinikmati oleh siswa di enam kelas. Aku pun mengapresiasi gagasan itu.

Benar saja, esoknya semua kelas mendaptkan bingkisan sebuah bolu untuk disantap bersama oleh siswa di masing-masing kelas. Inilah yang senantiasa yang kami tanamkan pada pribadi siswa bahwa setiap memiliki nikmat yang dianugrahkan oleh Allah SWT hendaklah berbagi, sesuai dengan Firman Allah SWT pada ayat terakhir dari surat Ad Dhuha.

Sungguh, kamu memiliki talenta dan kamu pun memiliki pribadi yang dapat dicontoh oleh siswa lain. Sekali lagi kami mengucapkan Selamat atas keberhasilan kamu. Teruslah berkarya.